4 Apr 2010

Nevis: Teori Hierarki Kebutuhan

Teori hierarki kebutuhan Maslow dikembangkan dari kultur Amerika Serikat, tempat dimana Maslow mengembangkannya. Edwin C. Nevis setelah membandingkan perbedaan antara kultur Amerika Serikat dan kultur Cina, mengembangkan teori hierarki kebutuhan sendiri berbasis tradisi Cina.

Dalam kultur Cina, koletivitas sangat penting dari pada yang lainnya, kebutuhan diri sendiri dan kebutuhan aktualisasi diri tidak dihargai tinggi sebagaimana didewakan di Amerika Serikat, bukan berarti masyarakat Cina tidak memenuhi kebutuhannya sendiri, hanya saja kebutuhan itu tidaklah terlalu penting dibanding dengan kolektivitas kelompok.
Berbeda dengan teori hierarki kebutuhan Maslow, pada teori hierarki kebutuhan Nevis, kebutuhan bersosialisasi menjadi urutan pertama yang harus dipenuhi sebelum kebutuhan lainnya. Dalam teori ini kebutuhan penghargaan diri dihilangkan, dari diobervasi, Orang Cina akan malu jika hanya dirinya sendiri yang berhasil, atau bahkan menjadi lebih kaya dari tetangganya sendiri.

Puncak hierarki Maslow dan Nevis adalah sama yaitu aktualisasi diri. Walaupun begitu, ada perbedaan yang mendasar. Aktualisasi diri dalam Maslow adalah individual, sedang aktualisasi diri pada Nevis, lebih kepada penggabungan kekuatan-kekuatan masyarakat untuk mencapai tujuan.

Teori Maslow dikembangkan dari suatu tempat di Amerika Serikat dan mungkin juga cocok untuk wilayah Eropa, Dengan Nevis mengembangkan teori sendiri, ada asumsi bahwa teori Maslow bias terhadap kebudayaan dan tradisi. penulis sendiri memunculkan pertanyaan. Dapatkah teori Maslow diterapkan di Indonesia seutuhnya? Karena watak umum orang Indonesia yang mendewakan penghargaan diri, mungkinkah dalam hierarki kebutuhan orang Indonesia, kebutuhan akan penghargaan diri berada di atas aktualisasi diri?

Tautan untuk artikel ini:
http://psipop.blogspot.com/2010/04/nevis-teori-hierarki-kebutuhan.html

Artikel yang sangat terkait dengan artikel ini:
Maslow: Teori Hierarki Kebutuhan
Maslow: Teori Hierarki Kebutuhan (Revisi)

Disadur dari
Edwin C Nevis. (en) di Wikipedia. diakses April 04, 2010. dari website http://en.wikipedia.org/wiki/Edwin_C._Nevis
Nevis Hierarchy of Needs. (en) di Psychology Wikia. diakses April 04, 2010. dari website http://psychology.wikia.com/wiki/Nevis's_hierarchy_of_needs

1 komentar:

  1. sangat berkualitas dan bermanfaat
    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fbabeyudi.wordpress.com

    BalasHapus

Hak Cipta © 2009-2010 Yusuf Haliim Nelwandi All Right Reserved.
 

PSIPOP - Artikel-artikel Psikologi | Hak Cipta © 2009-2010 Yusuf Haliim Nelwandi | Design By Deluxe Themes | Converted By Technolizard | Widget by Simran | All Right Reserved