13 Agu 2009

Tanya Jawab Seputar Psikotes Untuk Pencari Kerja

Apakah psikotes itu?
Pemeriksaan gejala/atribut psikologi yang ada dalam seorang individu

Apa yang psikotes ukur?
Gejala/atribut psikologi, gejala ini dapat berupa apa saja yang dapat memengaruhi tingkah laku individu.

Apa yang harus disiapkan untuk psikotes?
Keadaan fisik, pikiran, perasaan yang tenang tapi fokus pada psikotes yang akan dilakukan.

Apa yang harus saya baca untuk dapat nilai psikotes tinggi?
Tidak perlu, psikotes dirancang untuk dapat dijawab oleh siapa saja. Contohnya soal tentang berhitung, dalam psikotes soal berhitung hanya menggunakan logika sederhana, misal: jika seorang petani dapat mencangkul 1 petak sawah dalam sehari, berapa petani kah yang dibutuhkan untuk mencangkul 14 petak sawah dalam satu minggu? simple kan?

Apakah ada soal latihan yang bisa digunakan?
Tidak ada, sekedar informasi. Psikotes tidak usah dilatih, cobalah anda menjawab soal diatas, anda tidak perlu pakai rumus yang ngejelimet. Psikotes bukanlah UN, sering latihan soal UN dapat membantu mengingat rumus, tetapi karena psikotes tidak menggunakan rumus melainkan hanya logika sederhana, akan sia-sialah latihan mengingat rumus anda.

Apakah ada latihan tertentu?
Dilatih? Jika maksud anda dimanipulasi, sebaiknya jangan baca artikel ini.

Adakah tes lain selain tes intelektual?
Banyak, salah satu-nya tes kepribadian, contoh yang paling umum dari tes kepribadian untuk seleksi pekerjaan adalah Wartegg, Baum, DAP, HTP, dan EPPS. Juga ada beberapa alat tes psikologi yang mulai populer seperti Doodle, Disc, dll. Tes kepribadian dipakai untuk menggali aspek kecendrungan respon-respon khas yang konsisten dari individu terhadap suatu stimulus yang memiliki kemiripan.

Saya mengetahui cara memanipulasi alat tes dari internet, dapatkah dipakai?
Sepanjang penulis googling di internet. Tidak dapat.

Cara yang saya dapatkan di internet cukup menyakinkan dan logis, benarkah tidak bisa digunakan?
Inilah yang penulis temukan di Internet

* Tes kecerdasan intelektual: tidak ada kunci jawaban di internet, yang ada adalah kunci jawaban tes-tes yang dirancang oleh seseorang yang menurut penulis belum mengerti apa itu validitas dan reliabilitas. Tes ini kebanyakan dibuat oleh orang itu sendiri dan diberikan kunci jawabannya oleh orang itu sendiri lalu diberi title psikotes. Tes yang telah "paten" dan memiliki validitas dan reliabilitas tidak ada yang dibahas di internet.
* Tes grafis: tidak ditemukan, yang ada hanya pengertian tentang tes grafis itu sendiri. dan beberapa tips yang menyesatkan. Benar-benar menyesatkan.
* Tes inventori kepribadian: sda
* Tes proyeksi gambar (Ro, TAT Murray/McCleland, dll): ada beberapa, tetapi mereka salah dalam menunjukan bagaimana cara skoringnya.
* Tes lainnya penulis belum sempat googling.

Bagaimana dengan buku psikotes?
Penulis pernah baca 3 buku psikotes, ini jawaban penulis: mereka hanya benar pada kalimat "siapkan kondisi fisik yang prima sebelum tes". Perlu diketahui psikotes bukan hanya sekedar benar atau salah, pada tes IST-pun ada interprestasi jika suatu sub-tes cukup signifikan perbedaannya dengan sub-tes lain, apakah buku-buku tentang psikotes di pasaran membahas tentang perbedaan antar subtes? Itu baru IST lho, tes yang katanya paling banyak bocornya dibanding tes lainnya. Tapi mohon maaf, penulis belum pernah menemukan hal itu dalam buku-buku tentang psikotes.

Beberapa e-book di internet menjual cara sukses psikotes, bahkan disertai testimonial, dapatkah di pakai?
Baca lagi tulisan diatas, mana ada produk yang diiklankan dengan testimonial menunjukan kekecewaan pengguna nya. Jika tidak ada yang mengirimkan testimonial sekalipun maka testimonial bisa dengan mudah dibuat sendiri, foto sih tinggal diambil dari profile facebook/friendster atau jejaring sosial lainnya. Jika mau, dalam waktu 3 menit penulis dapat dengan mudah membuat testimonial yang indah-indah tentang artikel ini.

Saya kesulitan lulus psikotes dalam pekerjaan, adakah cara untuk lulus?
Jadilah diri anda sendiri! Jika anda kesulitan terus-menerus, terutama pada bidang yang sama, ada kemungkinan anda salah pilih bidang. Sekedar saran temuilah seorang psikolog, jika anda tidak tahu dimana mereka berada, carilah di kampus yang memiliki fakultas psikologi atau biro psikologi. Mintalah psikotes untuk pekerjaan (yang pasti tidak ada yang gratis) dan lakukanlah konseling dengan psikolog anda untuk solusi terbaik dari hasil psikotes anda. Beberapa biro psikologi bahkan memiliki program psikotes yang digabung dengan "bursa kerja" mereka, dimana salinan hasil psikotes anda akan diberikan pada perusahaan yang sedang mencari pekerja. Satu kali hasil psikotes akan disebar sampai anda dapat pekerjaan (atau tergantung kebijakan biro tersebut). lebih baik daripada beli e-book tentang psikotes.

Tautan untuk artikel ini:
http://psipop.blogspot.com/2009/08/tanya-jawab-seputar-psikotes-untuk.html

1 komentar:

Hak Cipta © 2009-2010 Yusuf Haliim Nelwandi All Right Reserved.
 

PSIPOP - Artikel-artikel Psikologi | Hak Cipta © 2009-2010 Yusuf Haliim Nelwandi | Design By Deluxe Themes | Converted By Technolizard | Widget by Simran | All Right Reserved