24 Jul 2009

Mengetahui Kepribadian Anda Dalam Waktu 5 Menit

Tentunya semua orang pernah mendengar yang namanya ramalan berdasarkan nama anda, caranya ya ketik reg(spasi)nama anda, lalu kirim ke ****, tapi bagaimana seseorang dapat mengetahui kepribadian hanya berdasarkan nama dengan membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja untuk memberikan gambaran siapa anda, Wow. Lalu bagaimana keakuratan nya?
Ada sebuah fenomena yang disebut dengan efek Barnum, Efek barnum mengambil namanya dari pernyataan yang sering dilontarkan seorang pengusaha sirkus yang bernama P.T. Barnum, "setiap menit lahir orang bodoh".
Pada tahun 1949, Forer melakukan penelitian tentang deskripsi kepribadian. Penelitiannya menunjukkan bahwa orang cenderung memandang deskripsi umum sebagai ringkasan akurat tentang kepribadian mereka. Dalam eksperimen nya, mahasiswa perguruan tinggi diberikan tes kepribadian. Beberapa hari kemudian mereka mendapatkan laporan tertulis di dalam amplop tertutup dan diminta menilai keakuratan inventori tersebut. Tanpa diketahui subjek, semua deskripsi kepribadian adalah sama. Sebagian besar mahasiswa dalam penelitian itu mengatakan bawa deskripsi itu cocok dengan kepribadian mereka. Fenomena inilah yang disebut efek barnum.

Periksalah diri anda sendiri, inilah laporan kepribadian anda:

1. Anda memiliki kecendrungan untuk mengkritik diri sendiri. Kadang-kadang anda bersikap ekstrovert, ramah, pandai bergaul, sedangkan di lain waktu anda introvert, berhati-hati, suka menyendiri.

2. anda membanggakan diri anda sebagai pemikir yang mandiri dan tidak dapat menerima pendapat orang lain tanpa bukti yang memuaskan.

3. sebagian pendapat anda cenderung tidak realistis

4. dalam keadaan tertekan, anda kadang-kadang mengalami keraguan diri

5. walaupun anda mencintai orang tua, kadang-kadang anda berbeda pendapat.

Berapa banyak dari deskripsi umum diatas yang sesuai dengan anda, mungkin semuanya.
Itulah yang dilakukan "para-normal pon-sel" dan ahli-ahli "meramal" lainnya, selalu saja ada hal buruk (walaupun sedikit seperti, ban bocor, pasangan mengambek, orang gila yang mencorat-coret wall facebook, dll) yang terjadi setiap minggu nya pada hidup anda, haruskah anda percaya pada para-normal yang mengatakan bahwa minggu ini akan ada hal buruk yang terjadi? Dan saya yakin lebih banyak lagi hal baik yang terjadi dan perlukah SMS premium yang mengatakan bahwa ada hal baik yang akan terjadi minggu ini? Apakah benar-benar perlu untuk anda mengetahui planet apa yang menaungi anda saat ini, saya kasihan kepada orang-orang yang dinaungi planet pluto karena pluto bukanlah planet lagi...
sama seperti penelitian tentang kepribadian di atas, para-normal pon-sel memberikan deskripsi umum tentang kepribadian kepada pelanggan nya. Penelitian lain menunjukkan bahwa setiap individu lebih menyukai hal-hal yang positif dari penilaian orang lain tentang dirinya, bahkan jika itu tidak sesuai, selama isinya baik biasa diterima saja sebagai ramalan yang akurat. Itu juga yang membuat para-normal pon-sel jarang memberikan penilaian negatif tentang pelanggan nya.
Itulah kelemahan manusia, suka dipuji atau suka dijilat. Siapa yang tidak mau? Memuji orang melalui sms dan mendapatkan keuntungan. Lagi pula kalau pun anda tidak ingin meneruskan layanan mereka, mereka telah mendapatkan keuntungan dari 2x sms premium yang mereka kirimkan/terima.

Tautan untuk artikel ini:
http://psipop.blogspot.com/2009/07/mengetahui-kepribadian-anda-dalam-waktu.html

Disadur dari Atkinson ISBN: 015508044X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hak Cipta © 2009-2010 Yusuf Haliim Nelwandi All Right Reserved.
 

PSIPOP - Artikel-artikel Psikologi | Hak Cipta © 2009-2010 Yusuf Haliim Nelwandi | Design By Deluxe Themes | Converted By Technolizard | Widget by Simran | All Right Reserved